Selamat Datang di blog Kesehatan

September 10, 2007

Cuka Apel, Apaan Tuh…

Filed under: Suplemen Makanan — pelopor @ 12:27 am

Cuka Apel? Apaan tuh? Sebagian besar dari kita pasti asing mendengar kata itu. Dan yang mendalaminya bukanlah seorang ilmuwan namun lulusan sosiologi yang bergelut di bidang pemasaran dan memiliki pabrik di Tajur, Bogor.

Namanya Heru Martono, alumnus Fakultas Sosiologi Universitas Gajah Mada (UGM). “Saya sebenarnya seoarang pemasaran. Dan saya bisa menemukan cuka apel karena saya ingin mengembangkan usaha. Ternyata berhasil. “kata Heru di Rumah Makan Gumati, Jalan Paledang, Bogor Tengah, Senin (27/8).

Heru bercerita bahwa awalnya pada tahun 2000 dirinya sangat berminta terhadap obat-obatan alami. Dia pun mencarinya ke beberapa tempat termasuk di Bogor. Kebetulan pada saat itu dia bertemu dengan pakar herbalis, Prof Dr. Hembing, yang sedang memberikan makalah di Pusat Agro, Kampus IPB, Bogor. Dia pun berkonsultasi tentang buah yang belum diketahui oleh masyarakat maupun herbalis. “Lalu pakar herbalis itu memberikan paper tentang cuka apel. Saya segera mempelajarinya.” ujarnya.

Setelah mempelajari tentang manfaat dan kegunaan cuka apel, Heru semakin semangat untuk merealisasikan produk cuka apel itu. Dia pun melakukan uji coba sementara, ternyata hasilnya masih belum maksimal. Karena untuk mendapatkan hasil maksimal harus dilakukan fermentasi buah apel tersebut.

“Akhirnya saya menemui teman kuliah dulu ketika di UGM, Yogyakarta. Teman saya itu di kedokteran hewan, dan juga mengembangkan usaha yoghurt. Saya pun diajari membuat yoghurt, terutama menyangkut cara fermentasi.” imbuhnya.

Heru terus mencari pihak yang bisa mengajari cara fermentasi yang sangat baik. Ia diberi tahu bahwa untuk mempelajari fermentasi ada di Kampus Universitas Brawijaya, Jawa Timur. Heru pun kursus singkat selama tiga hari mempelajari fermentasi, bahkan staf Unibraw menunjuk alumnus agar mengajarinya secara khusus. Dia pun langsung mempraktekkannya di pabriknya yang berada di Pasuruan, Jawa Timur.

Setelah jadi, Heru mulai berani memasarkan produk barunya itu. Awalnya hasil yang diperolehnya hanya cemoohan dari koleganya. Ia dinilai seperti menjual cuka selayaknya penjual di warung, toko dan pasar. “Saya sempat dibilang sebagai orang aneh. Karena jebolan UGM kok hanya menjual cuka. Tapi itu saya anggap sebagai motivasi untuk terus bersemangat dan terus maju memasarkan produk ini,” kata ayah Yuherwita (18) dan Firda Amalia (15) ini.

Cemoohan ini pun berakhir karena produknya sudah banyak digunakan oleh para penderita rematik dan tulang keropos. “Banyak yang sudah terbukti, tetapi warga banyak belum tahu yang memproduksinya adalah saya. Dan itu terjadi di dekat rumah saya ketika itu di Jawa Timur. Warga hanya mengenal mereknya yaitu Tahesta.” ujar Heru sambil tertawa.

Merasa sudah berhasil Heru pun segera mengganti merek yaitu cuka apel Deto Kapsul. Bahan baku yang digunakan adalah buah apel Anna dari Batu, Jawa Timur, karena jenis apel ini mempunyai kandungan pectin tinggi dan sangat langka. “Buah apel Anna itu hanya tumbuh subur di wilayah itu. Satu minggu sebanyak lima ton buah apel Anna kami butuhkan untuk memproduksi cuka apel.” kata suami Tri Ratna Widiawati, guru SMA 1 Bogor, ini. (Adi Kurniawan).

15 Komentar »

  1. saya tertarik tapi cuka apel yg mana yg saya tahu itu cuka apel utk campuran masakan atau yg biasa dipakai utk manisan atau bumbu empek2 palembang jadi yg mana, kalau ada berarti banyak merek cuka apel tapi yg mana yg terbaik utk konsumsi terapi pengobatan, di banyak super market ternama ada cuka apel bahkan buatan luar negeri (cedar …..) mohon penjelasan!

    Komentar oleh Mohamad Effendy — November 28, 2007 @ 7:10 am

  2. well, you’re getting better and better, Sir. I’m proud of you. You have a great image and influence in Tahesta. Seems like you’re going to be the best. But, I hope you won’t forgetting about Tahesta. Especially us.We wait for the “beautiful explosion” for Tahesta. Good luck and success for you, Sir.

    Komentar oleh otik — Januari 15, 2008 @ 7:23 am

  3. Kira2 aman nggak ya jika dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal?

    Komentar oleh Tania — Maret 23, 2009 @ 1:38 am

  4. Mau tanya pak kapsul cuka apel itu bisa beli dimana ya? Rumah saya daerah bintaro, jakarta selatan. Thanks

    Komentar oleh susan sofie — Mei 3, 2009 @ 3:26 pm

  5. ternyata cuka apel banyak juga manfaatnya…
    semula saya pikir sama dengan cuka biasa akan tetapi beraroma apel, ternyata bermanfaat sekali lebih dari cuka biasa…terimakasih banyak atas informasinya…

    Komentar oleh rera — Oktober 8, 2009 @ 4:58 am

  6. mari dengan keimanan kita wujudkan perkampungan masyrakat taqwa.www.bagjasugema.com

    Komentar oleh subagya — Oktober 21, 2009 @ 6:11 am

  7. membaca dari uraian cerita sdr Heru Martono saya kurang begitu bisa menerima,sampai saat ini cuka apel Tahesta masih ada dipasaran,dan tidak pernah berganti nama menjadi Cuka Apel Deto.dan saya banyak membaca testimoni2 di beberapa media yang mana Cuka Apel Tahesta memang luar biasa manfaatnya bagi kesehatan.semoga Cuka Apel Tahesta terus jaya dan dapat membantu masyarakat indonesia di daerah2 yang jauh dari kota.

    Komentar oleh sueb — Desember 1, 2009 @ 2:02 pm

  8. saya pengen sembuh dari penyakit saya,ada benjolan di bawah lidah saya.sudah 12thn penyakit saya sampai(2003).ga membesar sih,saya anggep enteng.suatu ketika,saya merasakan nyeri,setelah itu saya periksa ke dokter.dan dokter menyarankan untk operasi.2004 saya operasi dan kata dokter itu kelenjar teroit.setelah diangkat,belum sembuh total.saya terapi.akirnya kempes.2005 saya nikah,hamil.pada usia-3bln kandungan,benjolan ini numbuh lagi-sekarang.dan sekarang malah nambah di gusi tumbuh daging jg.tolong saya kasi solusi,katanya cuka apel bisa ya?

    Komentar oleh santy — Februari 21, 2010 @ 9:32 am

  9. Cuka apel utk menyembuhkan penyakit apa saja?

    Komentar oleh novi — Mei 24, 2010 @ 4:51 pm

  10. Mohon info alamat Stokist d Kota Bitung / Manado Sulawesi Utara.tx

    Komentar oleh Pia — Juli 17, 2010 @ 8:54 am

  11. Beli cuka apel yang dijakarta dimna aja ya

    Komentar oleh evi — Februari 3, 2011 @ 11:24 am

    • Di toko obat banyak yang menjualnya.

      Komentar oleh pelopor — Februari 15, 2011 @ 1:55 pm

  12. Apakah cuka apel aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

    Komentar oleh Mufin — Mei 25, 2011 @ 4:11 pm

  13. kalo di sragen bisa dibeli dmn ya? kata orang kalo di china/taiwan bisa di buat bumbu masakan bateul gak sih?
    mhn penjelasannya!

    Komentar oleh hilda — September 3, 2011 @ 3:15 am

  14. beli cuka cedar dmn yah?

    Komentar oleh dicka — Mei 10, 2014 @ 7:03 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.