Selamat Datang di blog Kesehatan

Februari 17, 2011

RAHASIA SEHAT BANGSA JEPANG

Filed under: Naturally Plus — Tag:, , , — pelopor @ 1:02 am

“Orang Indonesia umur 50 tahun saja sudah tidak berdaya, bahkan tulang-tulang keropos. Berbeda dengan masyarakat Jepang, meskipun usianya telah menginjak 70 tahun namun tetap produktif dan ingatannya masih baik,” kata Ketua Pusat Studi Kedokteran Anti Penuaan FK Universitas Udayana, Prof.Dr.dr Wimpie Pangkahila.

Saat ini, salah satu hal yang membuat penasaran banyak pakar kesehatan adalah fakta bahwa rata-rata orang Jepang memiliki umur lebih panjang dibanding bangsa (penduduk) negara lain.

Menurut Prof.Dr. Darwin Karyadi (Guru Besar Ilmu Gizi IPB Bogor), rata-rata pria Jepang dapat mencapai umur 76,35 tahun dan wanitanya 82,84 tahun. Bandingkan dengan orang Swiss yang rata-rata pria 74,10 tahun dan wanita 80,90 tahun. Sedangkan orang Amerika hanya 72,30 tahun pada pria dan wanita 79,10 tahun.

Sejak Perang Dunia II hingga sekarang, bangsa Jepang telah memperpanjang rentang umur penduduknya hingga lebih dari 25 tahun. Menurut para peneliti dari The National Institute of Health and Nutrition, Dr Kazuo Kondo dan kawan-kawan, ada tiga faktor dominan yang mempengaruhi. Dua faktor terpenting sebagai berikut:

Faktor pertama adalah pola makan orang Jepang, yang bila dilihat dari segi gizi makro terdiri dari protein, lemak, dan karbohidrat dengan komposisi 15 persen, 25 persen, dan 58 persen dari energi total (sekitar 2.023 kalori per kapita).

Peran Antioksidan

Faktor kedua yang juga mempengaruhi adalah peranan antioksidan yang tercukupi dalam pola konsumsi sehari-hari masyarakat Jepang. Zat-zat antioksidan banyak terdapat dalam menu makanan masyarakat Jepang seperti sayur, buah, atau minuman seperti teh hijau yang banyak mengandung polifenol dan katecin.

Efek antioksidan dari vitamin E, vitamin C, dan beta karoten dapat menangkal terjadinya oksidasi LDL (low density lipoprotein) yang dapat memacu terjadinya proses penyempitan pembuluh darah (atherosklerosis). Zat antioksidan yang dapat menangkal senyawa radikal bebas, membantu menurunkan risiko terkena penyakit degeneratif.

Beberapa publikasi kedokteran melaporkan kaitan teori radikal bebas dengan kurang lebih 60 macam penyakit degeneratif menahun seperti jantung koroner, kanker, proses penuaan dan lainnya. Ternyata khasiat antioksidan banyak ditemukan dalam senyawa zat-zat bioaktif fitokimia yang dikandung oleh rempah-rempah dan bumbu tradisional seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit serta bahan makanan tradisional lain seperti tempe dan tahu.

Tempe misalnya, mengandung isoflavon dan superoksidismutase (SOD) yang sangat potensial sebagai antioksidan. Profesor Charles Hennekens dari Harvard Medical School, Amerika, melalui meta-analisis studi-studi epidemologi membuktikan, seseorang yang mengkonsumsi vitamin antioksidan (vitamin E, vitamin C, dan beta karoten) berisiko 20-40 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner. (Prof.Dr. Darwin Karyadi, Guru Besar Ilmu Gizi IPB Bogor).

Belajar dari Bangsa Jepang

Berbeda dengan bangsa Jepang, rata-rata umur orang Indonesia hanya 65 tahun. Seperti di ungkapkan Prof.Dr.dr Wimpie Pangkahila di atas, orang Indonesia baru berusia 50 tahun saja fisiknya sudah banyak yang tidak sehat, alias sakit-sakitan.

Sementara di Jepang, orang yang sudah berusia 70 tahun, bahkan 80 tahun, masih sangat produktif.

3 Komentar »

  1. belajar dari wong jowo jua baik lho

    purwati
    http://purwatiwidiastuti.wordpress.com
    http://purwati-ningyogya.blogspot.com
    http://purwatining.multiply.com

    Komentar oleh purwatiwidiastuti — Februari 17, 2011 @ 1:06 am

  2. Gaya hidup alami memang lebih menyehatkan. Tidak hanya dari sisi obat dan pengobatannya, tetapi juga dari gaya hidup, pola makan, dan kesehatan lingkungannya.

    Komentar oleh Ochim — Februari 21, 2011 @ 10:21 am

  3. Makanan yang sangat mendekati apa yg dimaksud diatas Adalah CNI Sunchlorella, Dengan kandungan protein lengkap serta mampu menahan radikal bebas, karena kandungan gizinya yang Komplit memungkinkan seseorang mencukupi kebutuhan tambahan gizi dalam tubuhnya. Ditambah dgn Ester C Plus Calsium. untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh seseorang. Wah Lengkap sudah CNI menyiapkan makanan Tambahan itu. Tunggu apalagi, Lindungi diri dan seluruh keluarga. mari memelihara Kesehatan bersama Tips Sehat Bersama di 021 68646775

    Komentar oleh Tips Sehat Bersama — Februari 27, 2012 @ 7:25 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.